Jumat, 30 Maret 2012

Mengidentifikasi Objek Kajian Biologi Dilingkungan Sekitar Kita


1.      Judul                           : Mengidentifikasi Objek Kajian Biologi Dilingkungan Sekitar Kita

2.      Tujuan Praktikum        : 1. Mahasiswa dapat mengidentifikasi berbagai macam objek
      biologi dan tangkatan organisasi kehidupannya, yang tedapat
      dilingkungan sekitar.
  2. Mahasiswa dapat menemukan persoalan biologi berdasarkan
      hasil pengamatan.
3.      Landasan Teori
Kebutuhan pertama dalam sains adalah penginderaan (sensing) yang tepat dan cermat terhadap objek dan kejadian sains. Penginderaan dapat dilakukan dalam berbagai bentuk, tidak hanya menggunakan mata, tetapi tercakup di dalam penggunaannya telinga, hidung dan alat indera lainnya. Umumnya penginderaan secara scientific dilakukan secara tidak langsung dengan menggunakan alat bantu pengukuran dan instrumrnt / alat misalnya mikroskop, lup dan beberapa alat pengukur. Penginderaan terhadap objek/kejadian akan menemukan sejumlah fenomena ataupun fakta. Analis terhadap fenomena yang muncul ini diharapkan memunculkan sejumlah persoalan biologi.
           
4.      Alat dan Bahan
Alat :
1.      Mikroskop cahaya
2.      Silet
3.      Cover glass
4.      Objek glass
5.      Spidol
6.      Jarum

Bahan :
1.      Daun Kiambang (Salviana Natan)
2.      Air (Aquades)

5.      Cara Kerja
Kiambang (bagian daun)
1.      Potonglah daun  kiambang  pada tangkai
2.      Kemudian sayatlah daun kiambang setipis mungkin
3.      Setelah itu siapkan objek dan cover glass
4.      Lalu preparat diletakan pada objek  glass dengan menggunakan jarum, dan teteskan air secukupnya sampai preparat tertutup air secara merata.
5.      Dan tutuplah preparat itu dengan cover glass secara perlahan agar tidak ada sisa gelembung di dalam preparat  tersebut.
6.      Kemudian lihatlah dibawah mikroskop cahaya
7.      Lihat bagian-bagian yang ada dalam preparat tersebut
8.      Gambarlah hasil pengamatan tersebut secara detail

6.      Hasil Pengamatan

Lokasi pengamatan
Macam objek, kejadian biologi, penomena atau persoalan biologi.
Kebun Botani 
Kiambang

7.      Pembahasan
1.      Sebutkan macam objek, fenomena, atau persoalan biologi yang masih mungkin di dapatkan di lokasi pengamatan  anda?
Pembahasan:
a.       Ada berapa tipe kiambang?
Pembahasan:
Kiambang (dari ki: pohon, tumbuhan, dan ambang: mengapung) merupakan nama umum bagi paku air dari genus Salvinia. Tumbuhan ini biasa ditemukan mengapung di air menggenang, seperti kolam, sawah dan danau, atau di sungai yang mengalir tenang. Kiambang memiliki dua tipe daun yang sangat berbeda. Daun yang tumbuh di permukaan air berbentuk cuping agak melingkar, berklorofil sehingga berwarna hijau, dan permukaannya ditutupi rambut berwarna putih agak transparan. Daun tipe kedua tumbuh di dalam air berbentuk sangat mirip akar, tidak berklorofil dan berfungsi menangkap hara dari air seperti akar. Orang awam menganggap ini adalah akar kiambang. Kiambang sendiri akarnya (dalam pengertian anatomi) tereduksi.
http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/8/86/Illustration_Salvinia_natans0.jpg/180px-Illustration_Salvinia_natans0.jpg
b.      Apa fungsi rambut-rambut pada kiambang?
Rambut-rambut ini mencegah daun menjadi basah dan juga membantu kiambang mengapung.
c.       Apa fungsi dari klorofil pada tumbuhan kiambang?
Klorofil pada kiambang adalah sabagai bahan yang dibutuhkan pada saat proses fotosintesis danjuga sebagai zat hijau daun. Pada preparat terlihat butiran-butiran klorofil setelah dilihat dibawah mikroskop.
  
2.      Buatlah kesimpulan mengenai ruang lingkup kajian biologi setelah anda melakukan observasi (pengamatan) dan studi referensi ?
Kesimpulan:
Kiambang mempunyai dua tipe daun yaitu daun berbentuk cuping agak melingkar dan daun yang mirip akar. Fungsi rambut-ranbut pada kiambang adalah mencegah daun menjadi basah dan agar tetap mengapung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar